26 Feb 2012

3 Cara Ampuh Hilangkan Grogi di Depan Kelas

Sebagai seorang siswa kita biasa dituntut untuk mempresentasikan materi maupun makalah ke depan kelas. Tapi kadang kala ketika maju ke depan kelas, kita akan merasa sedikit canggung maupun grogi. Tentu saja keadaan ini tidak bagus, karena ketika kita grogi, materi yang sudah dihafalkan dalam semalam bisa amburadul dan tidak bisa tersampaikan 100%. Karena pada saat anda merasa tidak tenang poin IQ turun beberapa tingkat. Nah, sekarang Maha Yusa ingin berbagi tips, bagaimana cara mengatasi grogi ketika di depan kelas.


1. Bawalah Sesuatu di Tangan Anda

Pada hakekatnya manusia tidak tahan dengah kekosongan, sering kali kalau seorang MC tampil di depan umum tidak membawa kertas atau mic ditangan pasti akan lebih gugup dari MC yang membawa sesuatu di tangannya. Coba saja bayangkan apa yang akan dilakukan tangan anda jika anda tidak membawa apapun ditangan? tanpa disadari anda akan membentuk gestur yang kaku bahkan kurang etis. Mungkin tangan anda akan masuk kekantong atau melipat di depan dada.  Nah apabila anda sedang presentasi di depan para senior atau orang yang memegang jabatan, ini sangat sungguh tidak etis.
Yang terpenting adalah kamu tidak membawa granat maupun senjata api ditangan anda :D.
Jika anda presentasi diantara para pembunuh


2. Miliki Gestur Tubuh
Memiliki gestur tubuh sangat penting untuk menunjukka kuat pengaruh argumen yang anda sampaikan. Karena pada saat anda menyampaikan argumen, audience mendapat input informasi melalui suara dan sekaligus visual ini akan membuat gambaran mental yang kuat pada audiens. Ini sangat berguna jika anda melakukan presentasi sebuah proposal.
Gestur tubuh juga akan menunjukkan wibawa  dan optimisme seorang speaker (orang yang berbicara di depan umum), ini penting untuk memotivasi audiens dan setidaknya akan mencegah audiens lebih mengantuk :D. Coba saja bandingkan dengan mereka yang presentasi dengan duduk di meja mana yang lebih terlihat interaktif?

Gestur yang biasa diterapkan oleh para speaker :




3. Berlatihlah
No Bodies Perfect
Tapi setidaknya berlatih akan membuat kita "Close to Perfect" atau dekat dengan sempurna.  Seorang Michael Jackson si raja poppun perlu gladi resik dulu sebelum perform. Ini menunjukan apapun yang kita ingin lakukan dan ingin hasilnya "close to perfect" hendaknya kita berlatih terlebih dahulu. Ada beberapa tips latihan dari Maha Yusa.




Berlatih membuat Percaya Diri
  • Berlatih di depan cermin/ direkam
Berlatih seperti ini dapat membantu teman-teman untuk mengetahui kesalahan atau kekakuan gestur tubuh dan ekspresi wajah. Dengan direkamnya perform kita, kita bisa mengetahui spelling error dalam materi atau  speech kita. Selain itu akan banyak didapatkan pengembangan-pengembangan dari materi-materi kita.




  • Live Practice


Live practice maksudnya berlatih secara langsung pada saat anda membawakan materi/perform. Metode ini sangat efektif bagi maha yusa karena selain kita bisa melatih mental juga kita bisa melatih diri bagaimana cara memengaruhi dan mengendalikan audience. Metode ini cocok bagi mereka yang melakukan perforn secara terus-menerus. Jika anda merasa terlalu canggung untuk segera memulai, anda bisa meminta tolong teman-teman anda untuk menjadi audience, dan di akhir perform anda bisa meminta evaluasi penampilan anda barusan. Yang terpenting adalah tidak takut menerima kritikan :)

Percayalah, Maha Yusa sudah pernah mengalaminya, lakukan dulu.... rasakan perubahannya :D

 
;